Silabus Mata Kuliah Tafsir Ayat Tarbawi I


SILABUS PERKULIAHAN
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL
JAMBI


Mata Kuliah           :    Tafsir Ayat Tarbawy I
Program Studi        :    Strata 1
Fakultas                  :    Tarbiyah
Jurusan / Prodi       :    Pendidikan Agama Islam I
Semester                  :    VI (Empat)
Bobot                       :    2 SKS
Kode                        :    PAI.507
Dosen Pengampu   :   Nur Habibullah, S.Pd.I, M.Pd.I
Email                       :    nur_habibullah@ymail.com
Hp                            :   0852 9192 9344

A.    Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Tafsir Tarbawi secara khusus diprogramkan untuk para mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Keguruan. Penafsiran atas Al-Qur’an mutlak diperlukan agar pesan dan ajaran yang terkandung di dalamnya dapat diaktualisasikan dalam kehidupan umat Islam. Mata Kuliah Tafsir Tarbawi mengkaji tentang penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang Allah, nabi dan rasul, manusia, alam semesta, dan ilmu pengetahuan, masyarakat, kebaikan dan kejahatan, serta kehidupan akhirat. Tema-tema ini merupakan pokok-pokok ajaran Islam dan menjadi dasar yang sangat penting dalam merumuskan konsep pendidikan Islam. Oleh sebab itu, sebagai calon pendidik/guru, para mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI An-Nadwah Kuala Tungkal disyaratkan untuk memahami pesan-pesan dan ajaran-ajaran Al-Qur’an mengenai tema-tema tersebut.

B.     Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran Mata Kuliah Tafsir Ayat Tarbawi I di Program Studi Pendidikan Agama STAI An-Nadwah Kuala Tungkal  bertujuan agar mahasiswa mampu menggali dan merumuskan konsep-konsep pendidikan menurut Al-Qur’an dengan menafsirkan ayat-ayat tentang topik-topik yang menjadi dasar (filosofi) dalam mengembangkan pengetahuan, nilai dan sikap serta keterampilan dalam membentuk pribadi dan masyarakat Islami melalui sebuah sistem pendidikan Islam.

C.    Topik Kajian
NO
TATAP MUKA
MATERI PERKULIAHAN
1
I
Kontrak Belajar dan Orientasi Mata Kuliah Tafsir Tarbawi
2
II
Tafsir ayat Alquran tentang kewajiban belajar-mengajar.
QS. Al-‘Alaq/96: 1-5, QS. Al-Ghasyiyah/ 88 :17-20, QS. Ali Imron/3: 190-191, QS. Al-Taubat/9:122, QS. Al-Ankabut/29:19-20.
3
III
Tafsir ayat Alquran tentang Tujuan Pendidikan
QS. Ali Imron/3: 138-139, QS. Fath/48: 29, QS. Al-Haj/22:41, QS. Al-Dzariyat/51: 56, QS. Hud/11: 61
4
IV
Tafsir ayat Alquran tentang Subyek Pendidikan: Pendidik/Guru
QS. Al-Rahman/55: 1-4, QS. Al-Najm/53: 5-6, QS. Al-Nahl/16: 43-44, QS. Al-KAhfi/18: 66
5
V
Tafsir ayat Alquran tentang obyek Pendidikan: Anak Didik/Murid
QS. Al-Tahrim/66: 6, QS. Al-Syu’ara/26:214, QS. Al-Taubah/9: 122, QS. Al-Nisa/4: 170
6
VI
Tafsir ayat Alquran tentang Metode Pendidikan
QS. Al-Maidah/5: 67, QS. Al-Nahl/16: 125, QS. Al-A’raf/7: 176-177, QS. Ibrahim/14: 24-25
7
VII
Tafsir ayat Alquran sebagai pedoman hidup sekaligus dasar penyelenggaraan pendidikan
QS. Al-An’am/6: 91-92, QS. Al-BAqarah/2: 1-5, 97, 185, QS. Ali Imron/3: 7, 164, QS. Al-Isra’/17: 9, 82
8
VIII
UTS
9
IX
Tafsir ayat Alquran tentang Potensi-potensi/keunggulan manusia yang perlu dikembangkan lewat pendidikan
QS. Al-Baqarah/2: 30-39, QS. Al-Isro’/17: 70, QS. Al-Ra’d/13: 11
10
X
Tafsir ayat Alquran tentang Materi Pendidikan yang paling diprioritaskan untuk menjadi landasan dalam membangun jiwa anak didik
QS. Luqman/31: 12-19
11
XI
Tafsir ayat Alquran tentang kelemahan-kelemahan dalam diri manusia
QS. Al-Ma’arij/70: 19-27, QS. Al-Rum/30: 54, QS. Yasin/36: 77, QS. Al-Ahzab/33: 72, QS. Al-Balad/190: 4-8, QS. Al-Nisa/4: 28-29
12
XII
Tafsir ayat Alquran tentang Mengidentifikasi dan Membedakan antara lingkungan pendidikan yang baik maupun yang buruk yakni Lingkungan Pendidikan Keluarga, Lingkungan Pendidikan Masyarakat, Lingkungan Pendidikan Sekolah
QS. Ali Imron/3: 110, QS. Al-Isra’/17: 16-17, QS. Hud/11: 100-101
13
XIII
Tafsir ayat Alquran tentang tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak
QS. Al-Tahrim/66: 6, QS. Al-Nisa/4: 9
14
XIV
Tafsir ayat Alquran tentang Tentang Ilmu Pengetahuan
QS. Al-Mujadalah/58: 11, QS. Fath/35: 27-28, QS. Al-Nahl/16: 79, QS. Al-Mulk/67: 1-5
15
XV
Evaluasi Pembelajaran
16
XVI
UAS

D.    Strategi Pembelajaran

Perkuliahan Tafsir Ayat Tarbawi I dilaksanakan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif (active learning). Penerapan strategi ini dimaksudkan agar proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung secara partisipatif, variatif, dan interaktif. Berdasarkan karakteristik mata kuliah ini, beberapa teknik yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran aktif ini antara lain: Reading Guide (Panduan Membaca), Group Resume (Resume kelompok), Questions Students Have (Pertanyaan dari Mahasiswa), Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan), Information Search (Mencari Informasi), Jigsaw Learning (Belajar Model Jigsaw), Everyone is a Teacher Here (Semua Bisa Jadi Guru), Modeling the Way (Membuat Contoh Praktik), dan Developmental Discussion (Diksusi Pengembangan). Pada setiap tatap muka, materi kuliah disampaikan dengan kombinasi beberapa teknik pembelajaran sesuai dengan karakteristik masing-masing materi.

E.     Evaluasi

Penilaian hasil belajar mahasiswa untuk mata kuliah Tafsir Tarbawi dihitung berdasarkan akumulasi dari hasil evaluasi aspek-aspek berikut:

1.      Tugas                           
2.      Kehadiran Kuliah         
3.      UTS & UAS                 
Nilai akhir semester mahasiswa bergantung pada hasil total evaluasi sebagaimana  rincian  tersebut di atas.
 Referensi
أ- كتب التفسير وعلوم القرأن:
1.     الطبرى, أبو جعفر محمد بن جرير. جامع البيان عن تأويل القرأن. مصر: مصطفى البابى الحلبى, 1954.
2.     الدمشقى, أبو الفداء الحافظ ابن كثير. تفسير القرأن العظيم. بيروت: دار الفكر, 1412هـ - 1992م.
3.    القطّان, منّاع. مباحث فى علوم القرأن. الطبعة العاشرة؛ القاهرة: مكتبة وهبة, 1417 هـ/1997 م.
4.     الصّالح, صبحى. مباحث فى علوم القرأن. الطبعة السابعة عشرة؛ بيروت: دار العلم للملايين, 1988).

Ø  Hamka, Tafsir Al-Azhar
Ø  Rasyid Ridho, Tafsir al-Manar
Ø  Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir
Ø  Syaikh al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi
Ø  Syaikh Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Syaikh Imam Jalaluddin al-Suyuti, Tafsir Jalalain
Ø  M. Quraisy Syihab, Tafsir al-Misbah
Ø  Abdurrahman Saleh Abdullah,. Educational Theory: A Quranic Outlook, diterjemahkan oleh M. Arifin dan Zainuddin dengan judul Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an.Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
Ø  Abuddin Nata,. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan: Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy. Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Ø  Achmad Marconi,. Bagaimana Alam Semesta Diciptakan: Pendekatan Al-Qur’an dan Sains Modern. Cet. I; Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 2003.
Ø  Agus Purwanto, Ayat-Ayat Semesta: Sisi-Sisi Al-Qur’an yang Terlupakan. Cet. I; Bandung: Mizan, 2008.
Ø  Abdurrahman, Aisyah (Bintusy-Syathi`). Maqāl fī al-Insān: Dirāsat Qur’āniyyah, diterjemahkan oleh M. Adib al-Arief dengan judul Manusia: Sensitivitas Hermeneutika Al-Qur’an. Cet. I; Yogyakarta: LKPSM, 1997.
Ø  Ali Hasan Al-Aridl,.  Tārikh `Ilm at-Tafsīr wa Manāhij al-Mufassirīn, diterjemahkan oleh Ahmad Akrom dengan judul Sejarah dan Metdologi Tafsir. Cet. II; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.
Ø  Andi Rosadisastra,. Metode Tafsir Ayat-Ayat Sains dan Sosial. Cet. I; Jakarta: Amzah, 2007.
Ø  Fazlur Rahman,. Major Themes of the Qur’an, diterjemahkan oleh Anas Mahyuddin dengan judul Tema Pokok Al-Qur’an. Cet. I; Bandung: Pustaka, 1403 H./1983 M.
Ø  M. Alfatih Suryadilaga,., dkk. Metodologi Ilmu Tafsir. Cet. I; Yogyakarta: Teras, 2005.
Ø  M. Dawam Rahardjo,. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Cet. II; Jakarta: Paramadina, 2002.
Ø  M. Quraish Shihab,. Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. XI; Bandung: Mizan, 1416 H./1995 M.
Ø  M. Quraish Shihab,. Tafsir Al-Mishbāḥ: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Cet. II; Jakarta: Lentera Hati, 2004.
Ø  M. Quraish Shihab,. Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu`i atas Pelbagai Persoalan Umat. Cet. V; Bandung: Mizan, 1417 H./1997 M.
Ø  Ahmad E.Q., Nurwadjah. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan: Hati yang Selamat hingga Kisah Luqman. Cet. I; Bandung: Marja`, 2007.
Ø  Yusuf Qardhawi,. An-Nāṣ wa al-Ḥaqq, diterjemahkan oleh Muhammad Luqman Hakiem dengan judul Epistemologi Al-Qur’an: Al-Haq. Cet. II; Surabaya: Risalah Gusti, 1996.
Ø  Nanang Gojali,. Manusia, Pendidikan dan Sains dalam Tafsir Hermeneutik. Cet. I; PT Rineka Cipta, 2004.
Ø  Syahidin. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2009.
Ø  Yusuf Al-Qaradhawi, Kaifa Nata`āmal ma`a al-Qur'ān, diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al-Kattani dengan judul Berinteraksi dengan Al-Qur'an (Cet. II; Jakarta: Gema Insani Press, 2000).
Ø  Muhammad Amin Suma, Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an 1 (Cet. I; Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000).
Ø  Muhammad Chirzin, Nur `Ala Nur: 10 Tema Besar Al-Qur'an sebagai Pedoman Hidup(Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011).
Ø  Syahminan Zaini, Isi Pokok Ajaran AlQur'an (Cet. III; Jakarta: Kalam Mulia, 2005).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

silabus mata kuliah l Qur'an Hadist

SILABUS MATA KULIAH METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN