SILABUS PERKULIAHAN
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL
JAMBI

A.    Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah          :   Kapita Selekta Pendidikan Islam
Program Studi       :   Strata 1
Fakultas                 :   Tarbiyah
Jurusan                  :   Pendidikan Agama Islam ( PAI )
Semester                 :   V (Lima)
Bobot                      :   2 SKS
Kode                       :   TAR.506
Dosen Pengampu  :   Nur Habibullah, S.Pd.I, M.Pd.I
Email                      :   nur_habibullah@ymail.com
Hp                           :   0852 9192 9344

B.     Kompetensi Dasar
Mahasiswa  memahami problem-problem  pendidikan dalam masyarakat dan mampu mengembangkan konsep kependidikan dalam pendidikan Islam.

C.    Indikator Hasil Belajar
Mahasiswa dapat:

1.      Menjelaskan Pendidikan islam di era globalisasi
2.      Menjelaskan Peranan pendidikan Islam dalam menciptakan SDM yang berkualitas
3.      Menjelaskan Strategi pengembangan pendidikan Islam dalam menghadapi kemajuan IPTEK
4.      Menjelaskan Pendidikan Islam dalam kerangka Sistem pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
5.      Menjelaskan Eksistensi lembaga pendidikan pesantren di era kemajuan IPTEK
6.      Menjelaskan Lembaga pendidikan madrasah di tengah pesatnya perkembangan lembaga pendidikan umum
7.      Menjelaskan Peranan Majelis Ta’lim di era pesatnya pertumbuhan lembaga pendidikan Islam formal 
8.      Menjelaskan Pendidikan Islam di lembaga-lembaga pendidikan umum
9.      Menjelaskan Bimbingan dan Konseling di lembaga pendidikan islam formal
10.  Menjelaskan Profesionalisme Guru Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Islam
11.  Menjelaskan Pendidikan Karakter
12.  Menjelaskan Pendidikan Entrepreneurship Bagi Mahasiswa
13.  Menjelaskan Pengawasan Pendidikan

D.    Materi Pokok
1.      Pendidikan islam di era globalisasi
a.       Pengertian pendidikan Islam dan gambaran tentang era globalisasi
b.      Problematika Pendidikan Islam
c.       kebutuhan manusia terhadap pendidikan
d.      Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
e.       Peluang dan tantangan pendidikan Islam di era globalisasi

2.      Peranan pendidikan Islam dalam menciptakan SDM yang berkualitas
a.       Pendidik dan Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam
b.      SDM berkualitas menurut konsep pendidikan Islam
c.       Sistem dan metode yang ideal untuk menciptakan SDM berkualitas

3.      Strategi pengembangan pendidikan Islam dalam menghadapi kemajuan iptek
a.       Sistem dan Metode Pendidikan Islam
b.      Dampak kemajuan iptek terhadap kehidupan umat manusia
c.       Strategi pendidikan Islam dalam menghadapi dampak kemajuan IPTEK

4.      Pendidikan Islam dalam kerangka Sistem pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
a.       Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional
b.      Hubungan timbal balik antara pendidika Islam dan pendidikan nasional
c.       Peran pendidikan islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional
d.      SKB 3 Menteri Tahun 1975

5.      Eksistensi lembaga pendidikan pesantren di era kemajuan iptek
a.       asal usul pesantren di Indonesia
b.      Pondok Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan Islam
c.       upaya-upaya yang dilakukan pesantren dalam menghadapi kemajuan iptek
d.      Profesionalisme dalam Pengelolaan Madrasah dan Pondok pesantren

6.      Lembaga pendidikan madrasah di tengah pesatnya perkembangan lembaga pendidikan umum
a.       Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia
b.      upaya –upaya peningkatan kualitas pendidikan islam di madrasah

7.      Peranan Majelis Ta’lim di era pesatnya pertumbuhan lembaga pendidikan Islam formal 
a.       sejarah singkat majelis ta’limn di Indonesia
b.      majelis ta’lim sebagai sebuah lembaga pendidikan islam alternatif

8.      Pendidikan Islam di lembaga-lembaga pendidikan umum
a.       Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam
b.      masalah-masalah yang dihadapi pendidikan Islam di lembaga pendidikan umum
c.       upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam di lembaga pendidikan umum

9.      Bimbingan dan Konseling di lembaga pendidikan islam formal
a.       Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Islam
b.      Tujuan penyenggaraan BK di lembaga pendidikan Islam formal
c.       Masalah-masalah BK di lembaga pendidikan Islam formal dan solusinya

10.  Profesionalisme Guru  dan Pengelolaan Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Islam
a.       Pengertian professional
b.      Pengertian Pengelolaan Pendidikan
c.       Karakteristik guru profesional
d.      Langkah-langkah menjadi guru profesional
e.       Upaya Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam
f.       Pengelolaan Pendidikan yang efektif

11.  Pendidikan Karakter
a.       Hakekat  Pendidikan Karaakter
b.      Fungsi dan Tujuan Pendidikan Karakter
c.       Mengenal Pendidikan Karakter dalam Islam
d.      Metode Pendidikan Karakter

12.  Pendidikan Entrepreneurship Bagi Mahasiswa
a.       Pengertian Pendidikan Entrepreneurship
b.      Esensi dan Urgensi Pendidikan Entrepreneurship
c.       Proses Pendidikan Entrepreneurship

13.  Pengawasan Pendidikan
a.       Pengertian Pengawasan Pendidikan
b.      Kedudukan dan Fungsi Pengawas
c.       Masalah-masalah dalam Pengawasan pendidikan
d.      Peningkatan Kompetensi Pengawas Pendidikan

E.     Strategi Pembelajaran
       Strategi pembelajaran didasarkan pada prinsip belajar aktif (Active Learning) yang diorientasikan agar mahasiswa memahami dan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam kompetensi dasar kuliah Perbandingan Pendidikan.
       Untuk dapat meningkatkan strategi pembelajaran, sistem perkuliahan diatur sebagai berikut:
       1.    Pendekatan (.'TH metode penyampaian : kuliah di kelas, kuliah mandiri, diskusi, tanya-jawab, presentasi (paper/ makalah), dan penelitian
2.    Evaluasi dengan mempertimbangkan komponen :
a.    Kehadiran dan aktivitas
b.    Hasil penelitian : kertas kerja, makalah/paper dan hasil penelitian
c.    Tugas dan presentasi
d.    Ujian semester
3.    Penilaian
a.    Kehadiran
 b.    tugas                                             
b.    Presentasi                                     
c.    Ujian mid semester                       
d.    Ujian akhir semester
 e.    Media                                            

F.     Sarana dan Sumber Belajar
       1.    Sarana :
a.    OHP
  b.    Alat-alat tulis
  c.    Media lain yang menunjang
       2.    Sumber beizjar
  a.    Dosen pengampu mats kuliah
  b.    Buku literatur, jumal pendidikan, makalah/ paper dan hasil penelitian lentang pendidikan

G.    Bahan Ajar
-            Abuddin. Nata, Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
-            Arifin, Kajian Selekta Pendidika Islam dan Umum
-            Azyumardi Azra, Mznuju Masvarakal Madani, Rosda Bandune 1999.
-            Azyumardi Azra, Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisusi Menuju Milenium Baru, Logos, Jakarta, 1999.
-            Djamaluddin dan Abdullah Aly, Kap[ita Selekta pendidikan islam
-            Fasli Jalal, dan Dedi Supriyadi (ed.), Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Olonomi Daerah, Adicita, Yogyakarta, 2001.
-            H.M. Anrifin, Kapita Selekta Pendidikan, Toha Putra, Semarang,
-            HAR. Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspeklif Abad ke 21. Tera Indonesia, Jakarta 1998
-            HAR.  Tilaar,  Pendidikan  dala.i  Pembangunan Nasional MenyongsongAbad Ke XXI. Tera Indonesia. Jakarta 1998
-            Hasbullan. 1999. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
-            Hasan Langulung, Manusia dan Pendidikan. Pustaka Al-Husna Jakarta, 1986.
-            Mochtar Buchori, Pendidikan Antispatoris. Kanisius. Yogyakarta.
-            Muzayyin Arifin,. 2003. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
-            M. Arifin, 2000. Kapita selekta pendidikan: umum dan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
-            Sindhunata (ed,), Membuka Masa Depan Anak-anuk KUu Mencari
-            Kurikulum Pendidikan Ahad XXI. Kanisius, Yogyakarta.
-            _________(ed,), Pendidikan : 'Kegelisahan Sepunjang Zaman Kanisius, Yogyakarta, 2003.
-            Sjafnir. Ronisef, dkk., Mengurai Benang Kwui Pendidikan, Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2003.
-            Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan. Bigraf. Yogyakarta 2000.
-            Undang-Undang no. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Mata Kuliah Tafsir Ayat Tarbawi I

silabus mata kuliah l Qur'an Hadist

SILABUS MATA KULIAH METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN