SILABUS PERKULIAHAN
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL
JAMBI
A.
Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Kapita Selekta Pendidikan Islam
Program Studi : Strata
1
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan
Agama Islam ( PAI )
Semester : V
(Lima)
Bobot : 2
SKS
Kode : TAR.506
Dosen Pengampu : Nur Habibullah, S.Pd.I,
M.Pd.I
Hp : 0852 9192 9344
B.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami problem-problem pendidikan dalam masyarakat
dan mampu mengembangkan konsep kependidikan dalam pendidikan Islam.
C.
Indikator Hasil Belajar
Mahasiswa dapat:
1.
Menjelaskan Pendidikan islam di era globalisasi
2. Menjelaskan Peranan pendidikan Islam dalam menciptakan
SDM yang berkualitas
3. Menjelaskan Strategi pengembangan pendidikan
Islam dalam menghadapi kemajuan IPTEK
4.
Menjelaskan Pendidikan Islam dalam kerangka Sistem pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
5.
Menjelaskan Eksistensi lembaga pendidikan pesantren di era kemajuan IPTEK
6.
Menjelaskan Lembaga pendidikan madrasah di tengah pesatnya perkembangan lembaga
pendidikan umum
7.
Menjelaskan Peranan Majelis Ta’lim di era pesatnya pertumbuhan lembaga pendidikan Islam
formal
8.
Menjelaskan Pendidikan Islam di lembaga-lembaga pendidikan umum
9.
Menjelaskan Bimbingan dan Konseling di lembaga pendidikan islam formal
10. Menjelaskan Profesionalisme Guru Dalam Rangka
Peningkatan Mutu Pendidikan Islam
11. Menjelaskan Pendidikan Karakter
12. Menjelaskan Pendidikan Entrepreneurship Bagi
Mahasiswa
13. Menjelaskan Pengawasan Pendidikan
D.
Materi Pokok
1. Pendidikan islam di era
globalisasi
a.
Pengertian pendidikan Islam dan gambaran tentang era globalisasi
b.
Problematika Pendidikan Islam
c.
kebutuhan manusia terhadap pendidikan
d.
Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
e.
Peluang dan tantangan pendidikan Islam di era globalisasi
2. Peranan pendidikan Islam dalam menciptakan SDM yang berkualitas
a.
Pendidik dan
Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam
b.
SDM berkualitas menurut konsep
pendidikan Islam
c.
Sistem dan metode yang ideal
untuk menciptakan SDM berkualitas
3. Strategi pengembangan pendidikan Islam dalam menghadapi kemajuan iptek
a. Sistem dan
Metode Pendidikan Islam
b.
Dampak kemajuan iptek terhadap
kehidupan umat manusia
c.
Strategi pendidikan Islam dalam
menghadapi dampak kemajuan IPTEK
4. Pendidikan Islam dalam kerangka
Sistem pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
a.
Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional
b.
Hubungan timbal balik antara pendidika Islam dan pendidikan nasional
c.
Peran pendidikan islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional
d.
SKB 3 Menteri Tahun 1975
5.
Eksistensi lembaga pendidikan pesantren di era kemajuan iptek
a.
asal usul pesantren di Indonesia
b.
Pondok Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan
Islam
c.
upaya-upaya yang dilakukan pesantren dalam menghadapi kemajuan iptek
d.
Profesionalisme dalam Pengelolaan Madrasah dan Pondok pesantren
6. Lembaga pendidikan madrasah di
tengah pesatnya perkembangan lembaga pendidikan umum
a.
Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia
b.
upaya –upaya peningkatan kualitas pendidikan islam di madrasah
7.
Peranan Majelis Ta’lim di era pesatnya pertumbuhan lembaga pendidikan Islam
formal
a.
sejarah singkat majelis ta’limn di Indonesia
b.
majelis ta’lim sebagai sebuah lembaga pendidikan islam alternatif
8.
Pendidikan Islam di lembaga-lembaga pendidikan umum
a. Sarana,
Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam
b. masalah-masalah yang dihadapi
pendidikan Islam di lembaga pendidikan umum
c. upaya peningkatan kualitas
pendidikan Islam di lembaga pendidikan umum
9.
Bimbingan dan Konseling di lembaga pendidikan islam formal
a. Bimbingan
dan Konseling dalam Pendidikan Islam
b. Tujuan penyenggaraan BK di
lembaga pendidikan Islam formal
c. Masalah-masalah BK di lembaga
pendidikan Islam formal dan solusinya
10. Profesionalisme Guru dan
Pengelolaan Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Islam
a. Pengertian professional
b. Pengertian
Pengelolaan Pendidikan
c. Karakteristik guru profesional
d. Langkah-langkah menjadi guru
profesional
e. Upaya Guru dalam Peningkatan Mutu
Pendidikan Islam
f. Pengelolaan
Pendidikan yang efektif
11. Pendidikan Karakter
a.
Hakekat Pendidikan Karaakter
b.
Fungsi dan Tujuan Pendidikan Karakter
c.
Mengenal Pendidikan Karakter dalam Islam
d.
Metode Pendidikan Karakter
12. Pendidikan Entrepreneurship Bagi
Mahasiswa
a.
Pengertian Pendidikan Entrepreneurship
b.
Esensi dan Urgensi Pendidikan Entrepreneurship
c.
Proses Pendidikan Entrepreneurship
13. Pengawasan Pendidikan
a.
Pengertian Pengawasan Pendidikan
b.
Kedudukan dan Fungsi Pengawas
c.
Masalah-masalah dalam Pengawasan pendidikan
d.
Peningkatan Kompetensi Pengawas Pendidikan
E.
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran
didasarkan pada prinsip belajar aktif (Active Learning) yang diorientasikan
agar mahasiswa memahami dan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam
kompetensi dasar kuliah Perbandingan Pendidikan.
Untuk dapat meningkatkan
strategi pembelajaran, sistem perkuliahan diatur sebagai berikut:
1. Pendekatan (.'TH
metode penyampaian : kuliah di kelas, kuliah mandiri, diskusi,
tanya-jawab, presentasi (paper/ makalah), dan penelitian
2. Evaluasi dengan
mempertimbangkan komponen :
a. Kehadiran dan
aktivitas
b. Hasil penelitian :
kertas kerja, makalah/paper dan hasil penelitian
c. Tugas dan
presentasi
d. Ujian semester
3. Penilaian
a. Kehadiran
b. tugas
b. Presentasi
c. Ujian mid
semester
d. Ujian akhir
semester
e. Media
F.
Sarana dan Sumber Belajar
1. Sarana :
a. OHP
b. Alat-alat tulis
c. Media lain yang
menunjang
2. Sumber beizjar
a. Dosen pengampu mats
kuliah
b. Buku literatur,
jumal pendidikan, makalah/ paper dan hasil penelitian lentang
pendidikan
G.
Bahan Ajar
-
Abuddin. Nata, Kapita selekta pendidikan
Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
-
Arifin, Kajian Selekta Pendidika Islam dan Umum
-
Azyumardi Azra,
Mznuju Masvarakal Madani, Rosda Bandune 1999.
-
Azyumardi Azra,
Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisusi Menuju
Milenium Baru, Logos, Jakarta, 1999.
-
Djamaluddin dan Abdullah Aly, Kap[ita Selekta pendidikan islam
-
Fasli Jalal, dan
Dedi Supriyadi (ed.), Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Olonomi Daerah,
Adicita, Yogyakarta, 2001.
-
H.M. Anrifin,
Kapita Selekta Pendidikan, Toha Putra, Semarang,
-
HAR. Tilaar,
Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspeklif Abad ke 21.
Tera Indonesia, Jakarta 1998
-
HAR. Tilaar,
Pendidikan dala.i Pembangunan Nasional MenyongsongAbad Ke XXI.
Tera Indonesia. Jakarta 1998
-
Hasbullan. 1999. Kapita selekta pendidikan
Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
-
Hasan Langulung,
Manusia dan Pendidikan. Pustaka Al-Husna Jakarta, 1986.
-
Mochtar Buchori,
Pendidikan Antispatoris. Kanisius. Yogyakarta.
-
Muzayyin Arifin,. 2003. Kapita selekta
pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
-
M. Arifin, 2000. Kapita selekta pendidikan:
umum dan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
-
Sindhunata (ed,),
Membuka Masa Depan Anak-anuk KUu Mencari
-
Kurikulum
Pendidikan Ahad XXI. Kanisius, Yogyakarta.
-
_________(ed,),
Pendidikan : 'Kegelisahan Sepunjang Zaman Kanisius,
Yogyakarta, 2003.
-
Sjafnir. Ronisef,
dkk., Mengurai Benang Kwui Pendidikan, Pustaka Pelajar.
Yogyakarta, 2003.
-
Zamroni, Paradigma Pendidikan
Masa Depan. Bigraf. Yogyakarta 2000.
-
Undang-Undang no. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS
Komentar
Posting Komentar